August 2, 2021
  • 9:56 pm Aubameyang Tolak Tawaran Barcelona
  • 5:31 pm Real Madrid Disarankan Tak Tunjuk Jose Mourinho Lagi
  • 6:34 pm Liga Champions: Prediksi PSG VS Manchester United Leg-2
  • 7:55 pm Tiga Pemain Real Madrid Berpeluang Hengkang ke Juventus
  • 7:51 pm Indonesia Menjuarai Piala AFF U-22 2019 di Kamboja
Bagaimana Nasib 'Si Merah' Tanpa Coutinho?
Bagaimana Nasib ‘Si Merah’ Tanpa Coutinho?

clubbola88.org – Laju impresif Liverpool musim ini tak lepas dari peran Philippe Coutinho. Lalu, seperti apa jadinya ‘Si Merah’ ketika Coutinho harus absen sebulan? # Bagaimana Nasib ‘Si Merah’ Tanpa Coutinho? #

Liverpool kini ada di papan atas klasemen Liga Inggris, tepatnya di urutan kedua dengan 30 poin, hanya kalah satu poin dari Chelsea di posisi puncak.

Salah satu alasan mengapa Liverpool bisa tampil segarang saat ini adalah ketajaman lini depan mereka yang sudah bikin 32 gol, terbanyak di antara tim-tim lain. Coutinho jadi pionir permainan Liverpool bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino di lini depan yang berperan dalam 28 gol (16 gol dan 12 assist).

Coutinho sendiri berandil dalam hadirnya 10 gol Liverpool dengan sumbangan lima gol dan lima assist-nya. Sama dengan milik Roberto Firmino yang jadi parternya.

Tapi, kabar buruk harus didapat Liverpool ketika Coutinho tumbang di pertengahan babak pertama laga kontra Sunderland akhir pekan lalu. Bahkan pemain asal Brasil itu harus ditandu keluar lapangan.

Pemandangan ini tentu tak menyenangkan untuk Liverpool dan fansnya, terutamanya untuk manajer Juergen Klopp, yang mau tak mau harus meracik lagi taktik serta strategi tanpa kehadiran Coutinho yang divonis mengalami masalah pada ligamen engkel kanannya.

Menurut catatan Transfermarkt, selama memperkuat Liverpool, Coutinho total 30 kali absen dalam kurun waktu hampir empat tahun ini.

Dari total 30 laga tersebut, khusus di Premier League, Liverpool kalah delapan kali dari 17 pertandingan. Itu artinya nyaris setengah lebih Liverpool tak berkutik tanpa adanya Coutinho. Sisanya tujuh kali menang dan dua kali imbang.

Ini menunjukkan betapa pentingnya Coutinho untuk Liverpool dan mereka harus bisa berjuang tanpa kehadirannya di periode padat Akhir Tahun ini. Apalagi Liverpool juga bakal menghadapi Manchester City dari tujuh pertandingan hingga awal tahun di Premier League.

Selain itu Liverpool harus menghadapi Bournemouth, West Ham United, Middlesbrough, Everton, Stoke City, dan Sunderland. Coutinho juga diburu waktu untuk pulih tepat waktu saat The Reds bertandang ke Old Trafford menghadapi Manchester United 15 Januari mendatang.

Ketika Coutinho absen, Klopp tentu mengharapkan Adam Lallana segera pulih setelah absen di dua pertandingan terakhir Liverpool karena cedera hamstring. Kehadiran Lallana disebut-sebut bakal membuat serangan tim menjadi lebih tajam.

Lallana punya kelebihan dalam hal penguasaan bola dan dribel yang memungkinkan Liverpool bisa men-delay serta mengatur tempo, ketimbang trio Coutinho, Mane, atau Firmino yang bermain lebih direct.

Kehilangan Lallana pula yang membuat lini serang Liverpool kurang menggigit saat menghadapi Southampton serta Sunderland. Dia jadi satu-satunya pemain musim ini yang mampu bikin dua assist di satu laga lebih dari sekali.

“Adam semakin membaik, sebentar lagi sudah bisa berlatih tapi itu artinya dia memang belum siap bermain,” ujar Klopp dalam konferensi pers jelang laga perempatfinal Piala Liga Inggris kontra Leeds United.

Di setiap bencana, terkadang memang tersimpan sebuah berkah. Untuk Liverpool, Coutinho hilang maka muncullah Lallana. # Bagaimana Nasib ‘Si Merah’ Tanpa Coutinho? #

admin

RELATED ARTICLES