May 14, 2021
  • 9:56 pm Aubameyang Tolak Tawaran Barcelona
  • 5:31 pm Real Madrid Disarankan Tak Tunjuk Jose Mourinho Lagi
  • 6:34 pm Liga Champions: Prediksi PSG VS Manchester United Leg-2
  • 7:55 pm Tiga Pemain Real Madrid Berpeluang Hengkang ke Juventus
  • 7:51 pm Indonesia Menjuarai Piala AFF U-22 2019 di Kamboja

79af5584-afe9-4a76-b191-b7398eaaf818_169

clubbola88.org – Real Madrid membuang keunggulan dua gol saat menghadapi Borussia Dortmund untuk ditahan imbang 2-2. Los Blancos pun gagal finis sebagai juara grup.

Pada duel Matchday VI yang dihelat di Santiago Bernabeu, Kamis (8/12/2016) dinihari WIB, Madrid tampil dominan dengan membuat 15 attempts dengan sembilan on target meski kalah penguasaan bola yakni 46 persen berbanding 54 persen dari Dortmund, yang punya 12 attempts dengan tujuh tepat sasaran.

Madrid unggul dua gol lebih dulu yang mana seluruhnya diboyonng Karim Benzema. Namun, Dortmund bangkit dan menyamakan skor lewat Pierre-Emerick Aubameyang serta Marco Reus.

Tambahan satu poin tak cukup membuat Madrid menggeser Dortmund dari puncak Grup F. Madrid finis sebagai runner-up dengan 12 poin, selisih dua angka dari Dortmund sebagai juara grup.

Jalannya Pertandingan

Mencari kemenangan demi memuluskan langkah jadi juara grup, Madrid tampil menyerang sedari menit awal. Di menit ke-10, Benzema sudah punya kans bikin gol usai mendapat bola dari Casemiro tapi sepakannya tepat mengarah ke Roman Weidenfeller.

Madrid terus menekan pertahanan Dortmund dan mendapat peluang lagi di menit ke-18. Kerjasama 1-2 antara Cristiano Ronaldo dan James Rodriguez diakhiri sepakan James yang bisa ditepis Weidenfeller.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-28 ketika Benzema membuat publik stadion bergemuruh. Dari skema serangan balik, Carvajal berlari dari sisi kanan dan mendekati kotak penalti dia mengirim umpan tarik ke tiang jauh.

Di sana ada Benzema yang mendahului Lukasz Piszczek untuk menyontek bola ke gawang Dortmund. Madrid unggul 1-0.

Dortmund punya kans di menit ke-38 untuk menyamakan skor tapi tembakan Christian Pulisic dari dalam kotak penalti bisa diamankan Keylor Navas.

Semenit kemudian Navas membuat penyelamatan atas gawangnya ketika menepis sepakan bebas Andre Schuerrle dari jarak dekat.

Hingga turun minum, skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan Real Madrid.

Masuk di babak kedua, Dortmund langsung menekan pertahanan Madrid demi mencari gol penyama kedudukan. Gol itu nyaris didapat pada menit ke-48.

Dembele menggiring bola dari seperempat lapangan Madrid dan kemudian melewati hadangan dua bek lawan, sebelum melepaskan sontekannya menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Dua menit kemudian Dortmund kembali mengancam lewat serangan dari sisi kanan namun Castro dituju gagal menguasai bola dengan baik dan terbuanglah peluang timnya.

Madrid lantas menggandakan keunggulan di menit ke-53 ketika Benzema menanduk sempurna bola crossing James dari sisi kiri. Madrid memimpin 2-0.

Sejam laga berjalan Dortmund mampu memperkecil ketertinggalan jadi 1-2 lewat gol Aubameyang. Umpan lambung Julian Weigl menuju Marcel Schmelzer yang lolos dari jebakan offside dan bola operannya dengan mudah disontek Aubameyang.

Aubameyang nyaris menyamakan skor andaikan dia lebih cepat menerima umpan tarik Emre Mor dari sisi kiri. Sayangnya, bola malah melaju di belakang Aubameyang.

Ronaldo gagal memaksimalkan peluang yang didapat pada menit ke-68 ketika tembakannya ke pojok atas gawang bisa ditepis Weidenfeller.

Dari situasi sepak pojok setelahnya, bola mengarah ke tengah kotak penalti dan ditanduk Benzema tapi masih bisa dibuang pemain Dortmund yang berada di garis gawang.

Baik Madrid maupun Dortmund sama-sama mencoba mencari gol tambahan demi mengamankan misi mereka di pertandingan ini.

Madrid pada menit ke-74 lewat serangan balik nyaris mendapat gol ketika bola sodoran Lucas Vazquez menuju muka gawang Dortmund, tapi tembakan Marcelo malah melambung jauh.

Ronaldo kembali gagal bikin gol setelah sepakan jarak dekatnya di menit ke-78 menerpa tiang kiri gawang Dortmund. Begitu pula dengan tandukan Sergio Ramos semenit kemudian yang bisa ditepis Weidenfeller.

Dortmund menyamakan skor jadi 2-2 di menit ke-88 lewat Reus. Berawal dari Marcelo yang kehilangan bola di daerah pertahanan Dortmund, Emre Mor langsung mengoper bola kepada Aubameyang yang berlari mendahului Ramos di sisi kanan.

Mendekati kotak penalti, Aubameyang mengirim umpan tarik yang disambut Reus dengan kaki kirinya dan menjebol jala Navas.

Gol Reus jadi yang terakhir di pertandingan ini sehingga Madrid pun gagal menyalip Dortmund untuk finis sebagai juara grup.

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Lucas Vazquez, Casemiro, Modric (Kroos 63′), James; Ronaldo, Benzema (Morata 84′).

Borussia Dortmund: Weidenfeller; Piszczek, Sokratis, Bartra, Schmelzer; Weigl, Castro (Rode 80′); Dembele, Pulisic (Mor 61′), Schuerrle (Reus 61′); Aubameyang.

admin

RELATED ARTICLES